Link Banner
Link Banner

Tuesday, January 30, 2018

Tips Paling Aman Belanja Online Pakaian Di Instagram


Instagram merupakan media sosial yang saat ini banyak diminati oleh anak muda. Saking  banyaknya pengguna aktiv membuat media sosial ini semakin populer.  Dengan semakin banyaknya orang yang mempunyai akun instagram ini menjadi peluang bisnis bagi sebagian orang. Salah satunya dimanfaatkan para pedagai pakaian untuk berjualan online, atau sebaliknya dimanfaatkan pengguna untuk mencari pakaian yang mereka inginkan dengan membeli pakaian secara online melalui instagram. Oleh karenya banyak terjadi transaksi jual beli online pada media sosial ini.


Berkaitan dengan hal tersebut, belanja online sudah menjadi gaya hidup anak muda zaman sekarang. Pada zaman yang serba modern dan canggih ini, jika menginginkan sesuatu tadak lah sulit, semua bisa didaptkan dengan mudah dengan bantukan teknolgi. Termasuk dengan cara berbelanja. Dahulu, kalau mau belanja ya harus dateng ke tokonya. kalau sekarang beda. kita bisa membeli barang yang kita inginkan lewat internet atau nama lainnya Online Shop.

Tidak dapat dipungkiri, untuk saat ini, para penjual lebih memilih instagram sebagai media promosi untuk menjual produk pakaiannya ketimbang media sosial lainnya. Hal ini karena instagram merupakan media sosial yang berbagi foto, jadi menjadi pilihan yang tepat untuk para penjual untuk memajnag foto produk dan katalog meraka. Dengan demikia calon pembeli dapat dengan mudah melihat foto pakaian yang meraka pajamg pada akun jualana meraka

Jika kamu merupakan orang yang termasuk tipe yang lebih suka berbelanja online, maka kamu lebih baik berhati -hati dan teliti sebelum berbelanja, karena cukuip banyak orang yang berniat untuk menipu. misalnya pake alasan “barangnya dikirim setelah transfer ya sis. nanti nomor resinya dikasih deh” eh pas kita udah kasih bukti transfer, dia ngilang. ngeselin banget gak sih? Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan salah satunya terhindar dari penipuan jual beli online, nah berikut ini kamu bisa melakukan Tips Aman Belanja Online Pakaian Di Instagram.


1. Jangan Tertipu Sama Foto Produk

Karena media jual beli online yang ditawarkan adalah berbentuk foto maka para penjual berlomba untuk membuta foto produk mereka dengan sebagus mungkin. Tidak sedikit dari mereka mengambil foto produk dari luar danb membuat sendiri pakain tersebut. Alhasil pakaian tidak sesuai dengan foto yang ditawrkan. Tipsnya kalau bisa cari online shop yang menampilkan foto asli dengan model rang indonesia atau foto yang lebih populer dengan sebutan "realpic". Bukan foto foto gadis dan pria korea yang cakep cakep pake baju itu. Serius deh kalo kita yang memakainya bakal beda banget. Tanyakanlah kepada sia penjual untuk mengirimkan foto aslinya. Kalau penjual tidak menampilkan foto asli maka sebaiknya cari penjual lainnya. 

2. Tanyakan Detail Produk Serinci Mungkin

Lebih baik bawel dari awal daripada kecewa dikahir karena barang yang kita beli tidak sesuai dengan expetasi. Tanya bahannya apa. Kalo onlineshop bilang katun tanya katun apa? Alangkah baiknya sebelum kita membeli pakaian kita mengetahui jenis-jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk mebuat pakaian tersebut. Misalkan kita akan Membeli Kemeja Pria sebelumnya kita sudah tahu jenis kain apa saja yang biasanya dipakai untuk membuat kemeja. Perlu kamu ketahui dari jenis katun saja banyak jenisnya. Lalu tanya juga ukuran , Lingkar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul dan panjang. Percayalah kalo kita biasa pake ukuran M, belum tentu di online shop itu jadi ukuran M juga. karena da dua tipe ukuran, ukuran asia dan ukuran eropa.Contoh, ukuran M eropa sama dengan ukuran L pada ukuran asia.

3. Pastikan Barang Yang Akan Kita Beli Ready Stock

Ready stock itu lebih lebih baik dari pada PO, karena PO itu prosesnya bisa lama banget. Tidak semua online shop bisa menepati janji 2-3 minggu bakal datang. Sebagus apapun bajunya, menunggu PO itu lebih beresiko buat pembeli daripada barang yangg ready stock.


4. Teliti Dengan Angka Mulai Dari Harga, Ongkir Dan Jumlah Uang Yang Harus Ditransfer

Onlineshop besar itu biasanya mendapatkan peasanan barang yang cukup banyak dari pembeli, tidak heran jika sebagian dari mereka para CS (costumer service)keteteran meneima pesanan. Hal ini sering terjadi pada saat bulan Ramadhan. Jadi jangan terlalu tergantung sama hasil hitungan mereka terhadap jumlah pesanan kita. Kita juga jangan males ikut menghitungnya. Saking banyaknya pesanan terkadang mereka sering memberikan jumlah yang salah dengan nomila yang lebih besar.


5. Follower Banyak Belum Tentu Terpercaya
Saat ini banyak jasa yang menjual belikan like danfollopwer, jadi jangan sampai kamu terpengaruh sama jumlah follower karena bisa saja itu hasil dari rekayasa dan manipulasi. Jangan lupa lihat satu hal penting sebelum memutuskan membeli sesuatu di satu toko online shop. Lihat atau tanyakan testimonial dari pembeli yang pernah membeli pakaian ditoko tersebut. Kemduian tips berikutnya kamu bisa melihat riwayat komentar pada foto produk yang dipajang. Kalo ada komentar-komnetar seperti “Sis/Gan mana barang pesanan saya kok tidak sampai juga. Gan ko saya WA dan chat Line gak dibales, saya mau menyakan nomor resi pengiriman?" Jika menemukan komentar tersebut maka sebaiknya berhati-hati atau mending cari toko lain yang lebih bisa dipercaya.

6. Jaga Ekspektasi
Salah satu kekurangan dari berbelanja online yaitu calon pembeli tidak bisa melihat dan memegang langsung pakaian yang akan di beli, atau tidak bisa dicoba langsung. Semuanya hanya terbayang ada di pikiran kita dan hanya menerka nerka sesuai kata penjual. Jadi jaga ekspektasi kita karena itu sudah mejadi bagian dari resiko. Maka kita harus siap seandainya barangnya ternyata bahannya nggak sesuai, pinggangnya kesempitan, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment