Link Banner
Link Banner

Friday, November 10, 2017

Inilah Kesalahan Berpakaian Pria Saat Menghadiri Pesta Pernikahan

Kamu yang sudah memasuki usia dewasa tentunya akan banyak menerima undangan pernikahan  dari teman, sodara, atau dari kerabat dekat mu.  Tentunya kamu akan sering juga menghadiri acara pernikahan tersebut. Ada berbagai pilihan gaya dan model fashion yang bisa kamu kenakan untuk mengahdiri undangan tersebut, Kamu bisa memakai jas, kemeja, batik dan model pakaian formal lainnya. Hal ini akan membuat kamu bingung dalam menentukan pakaian apa yang tepat untuk datang ke acara pesta pernikahan. Apa lagi jika kamu tidak terlalu banyak memiliki stok baju formal atauy bahakan kamu tidak memiliki satu baju pun. Hal tersebut tentunya akan menjadi masalah karena tidak sediki orang yang menghadiri acara kawinan dengan menggunakan pakaian  yang tidak tepat. Ada banyak faktor lainnya yang dapat memungkinkan kamu salah dalam memilih pakian untuk ke kondangan. Namun dalam postingan ini akan dibahas bebrapa kator saja, berikut ulasnnya.



Beberapa tips yang saya sampaikan berdasarkan fakta dilapangan yang sering terjadi dan dapat kita lihat saat kita menghadiri pesta pernikahan.

Black suit for garden party

Indonesia adalah negara tropis yang dilalui oleh garis khatulistiwa, negara ini memiliki 2 musim,yaitu penghujan dan kemarau dengan kata lain hanya ada 2 keadaan di lapangan luas hujan atau cerah matahari. Mungkin beberapa daerah pegunungan bernuansa dingin karena keadaan geografis tapi kebanyakan bukanlah daerah dingin. Menggunakan jas atau tuxedo pada saat undangan pernikahan bernuansa garden party atau di tempat terbuka tidaklah tepat karena suit anda akan cepat kotor dan anda akan banyak berkeringat saat mengenakannya. Batik lengan panjang atau pendek, kemeja lengan panjang yang dilipat tanpa dasi, dapat menjadi pilihan anda.

Kaos

Untuk saran yang terakhir saya sempat bingung akan menulis ini atau tidak, karena tidak pernah terlintas di pikiran saya akan menemukan seorang pria dewasa mengenakan kaos di pesta pernikahan. Dengan mengesampingkan status ekonomi sosial dan yang lainnya mengenakan kaos bermotif kaos polos atau polo shirt menurut saya sangat tidak pantas dipakai pada pesta pernikahan. Kecuali anda adalah anak-anak yang merasa risih untuk memakai pakaian rapi

Selain pantofel,its a big no!

kalian bisa liat foto diatas? ada yang salah? ya, diantara pantofel yang ada, Nyelip buaya karet bentuk kodok. kayaknya dia belom baca blog saya (edited oct 2016)

Sneakers,sepatu basket,sepatu sendal tidaklah proper jika digunakan pada pesta pernikahan,mungkin anda tertawa tapi saya pernah menemukan undangan yang memakai sepatu sendal ke pernikahan. Kecuali anda mendapat slop dan seragam undangan atau adat istiadat khusus dimana mengharuskan memakai alas kaki tertentu gunakanlah sepatu pantofel. Kata-kata pantofel disini merujuk kepada jenis sepatu formal,untuk jenisnya seperti monk strap,oxford,dll adalah selera anda ketika membelinya. Saya rasa pengharusan jenis pantofel di suatu kondisi tertentu tidaklah berlaku di Indonesia.

Memakai jeans

Pesta pernikahan merupakan moment yang sakral bagi keluarga mempelai dan mempelai, ada baiknya anda menghargai effort yang telah diberikan oleh mereka dengan tidak memakai jeans. Jeans pada awalnya dibuat untuk pekerja tambang di amerika,dan sekarang dipakai sebagai icon casual,janganlah menggunakan jeans terlebih jeans dengan robekan dimana-mana. Gunakanlah celana bahan atau mungkin celana chino karena memiliki kesan rapih dan formal,tidak ada salahnya menginvestasikan uang anda sedikit banyak pada celana bahan/chino yang memiliki kualitas bahan bagus, karena anda akan banyak menggunakannya nanti.

    Baju pinjaman

Kemeja terlalu besar, ukuran celana yang tidak sesuai dengan potongan tubuh hingga panjang kemeja yang menutupi telapak tangan sering saya temukan pada setiap pesta pernikahan. Kenakan pakaian rapi yang sesuai dengan proporsi tubuh anda,hargai undangan yang telah anda terima dengan meluangkan waktu memilah baju yang kiranya akan anda gunakan pada pesta pernikahan mereka.

Tips diatas tidak merujuk atau bermaksud menyalahkan siapapun,ini hanya semata-mata bentuk penghargaan yang ingin saya berikan kepada mempelai dan keluarga di seluruh Indonesia dan hargai orang sebagaimana kamu ingin dihargai.

No comments:

Post a Comment